Sabtu, 16 Juni 2012

Kantor Pajak Makassar Target Penerimaan 2012 Rp 580 Miliar


Tribun Timur - Kamis, 7 Juni 2012 23:03 WITA

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM-- Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Makassar Selatan optimistis bisa memenuhi target penerimaan pajak tahun 2012 yang mencapai Rp 580 miliar.

Kepala KKP Pratama Makassar Selatan Budiyan, Kamis (7/6/12), mengatakan, optimisme tersebut karena realisasi penerimaan pajak tahun 2011 lalu melebihi target hingga 30 persen dari Rp 508 miliar menjadi Rp 572 miliar.

Penerimaan pajak di wilayah Makassar Selatan berasal dari wajibpajak (WP) pribadi. Sedangkan, penerimaan lainnya berasal dari sektorkonstruksi, perdagangan besar, dan administrasi Pemerintahan Kota (Pemkot) Makassar.

"Kami berharap tahun ini semua wajib pajak bisa lebih sadar tentang pentingnya pajak karena sangat berpengaruh terhadap kemajuan daerah," ujarnya, di Makassar. 

Sebelumnya, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara (Sulselbaltra) menargetkan realisasi pajak senilai Rp 8,5 triliun. Dari target tersebut, hingga Mei 2012 sudah terealisasi Rp 2,2 triliun atau mencapai 25 persen. 

Menurut Budiyan, target penerimaan pajak tersebut cukup berat. "Karena beratnya kami ajak semua masyarakat wajib pajak untuk kerja sama mengingatkan kewajiban pajak," ujarnya.

Untuk menggenjot penerimaan pajak itu, Kanwil DPJ Sulselbaltra mengajak kerja sama seluruh pemangku kepentingan seperti Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), instansi pemerintah, maupun organisasi lainnya untuk ikut mengingatkan masyarakat wajib pajak.   Ia optimistis sosialisasi tersebut akan berpengaruh pada peningkatan kesadaran wajib pajak. "Seperti tahun lalu kita juga mengingatkan dan kita penuhi target 104 persen. Secara nasional kita urutan empat dari 33 kantor wilayah," jelasnya.

Penulis : Hajrah
Editor : Imam Wahyudi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar